Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami dan Cepat

Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami dan Cepat

Memiliki mata yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Karena mata yang sehat tentu akan memudahkan kita untuk melihat benda-benda sekitar. Namun seiring bertambahnya usia, maka akan mengalami gangguan mata seperti mata minus, penglihatan yang menurun dan lain-lain. Mata minus yang terjadi sekarang ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, bahkan anak-anak pun sudah mengalami mata minus. Biasanya, penderita mata minum memilih untuk memakai kacamata sebagai alat bantu melihat jarak jauh.

Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami dan Cepat

Mengatasi mata minus sebenarnya tidak harus memakai kaca mata. Ada beberapa cara alami yang akan membantu mengatasinya. Tapi sebelumnya Anda perlu waspada tentang apa saja yang menjadi penyebab mata minum supaya bisa melakukan pencegahan.

Penyebab mata minus

1. Faktor keturunan.

Mata minus bisa terjadi karena faktor keturunan. Jika orang tua Anda mengalami mata minus, maka besar kemungkinan Anda terkena mata minus.

2. Membaca ditempat yang gelap.

Orang yang hobi membaca seringkali tidak memperdulikan tempat-tempat membaca walau ditempat yang kurang cahaya sekalipun. Ini secara tidak disengaja dapat menyebabkan mata minum. Untuk itu, sebaiknya hindari membaca ditempat yang kurang cahaya.

3. Terlalu lama menatap komputer atau leptop.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang bekerja didepan komputer. Apalagi kalau Anda tidak menggunakan kacamata antiradiasi, maka kemungkinan besar bisa lebih mudah terkena minus.

4. Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan.

Penanganan suatu penyakit yang mengharuskan minum obat terlalu banyak ternyata dapat menyebabkan gangguan penglihatan, salah satunya adalah mata minus.

5. Kurang memberikan nutrisi yang sehat untuk mata.

Menjaga kesehatan mata harus ditunjang dengan nutrisi yang baik untuk mata, yaitu sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A.

Nutrisi untuk Mata Minus

Berikut beberapa makanan sehari-hari yang baik untuk kesehatan mata:

Ikan salmon

Jenis ikan laut yang satu ini kaya akan omega-3 yang sangat baik untuk menutrisi mata.

Tak diragukan jika khasiat wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Agar lebih sehat, sebaiknya konsumsi jus wortel setiap hari.

Kandungan lutein yang terdapat pada alpukat mampu menutrisi mata sehingga mata terlihat lebih jernih.

Kol dan Bayam

Mengonsumsi sayuran kol dan bayam secara rutin dapat membantu meningkatkan penglihatan. Ini juga mudah untuk didapatkan sehingga Anda dapat memakannya setiap hari.

Telur kaya akan protein yang tak hanya penting untuk tubuh tetapi juga bagus untuk kesehatan mata.

Tomat mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan lycopene pada tomat juga membantu meningkatkan penglihatan sehingga menghindari terkena minus.

Tapi bagi Anda yang sudah terlanjur terkena mata minus, Anda bisa mengobati dengan cara alami. Mata merupakan organ penting, untuk itu mengobati gangguan mata sebaiknya harus dengan cara alami supaya tidak menyebabkan iritasi.

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami dan Cepat

Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami dan Cepat

1. Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Makanan maupun minuman manis jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan gangguan pada mata. Agar lebih sehat, sebaiknya perbanyak mengonsumsi air putih.

2. Gunakan kacamata hitam saat berkendara.

Berkendara pada siang hari yang panas seringkali menimbulkan silau pada mata. Untuk mengantisipasinya, pakailah kacamata hitam. Cara ini diyakini ampuh mengurangi sinar matahari yang akan masuk kemata. Silau yang diakibatkan sinar matahari memungkinkan untuk menjadi penyebab utama mata minus.

3. Kurangi menonton televisi dari jarak dekat.

Ini memang seringkali dilakukan anak-anak dan tanpa disadari akan menyebabkan kerusakan pada mata. Jarak nonton televisi yang aman adalah 1 meter. Dan ini terbukti ampuh untuk mengurangi mata minus lebih cepat.

4. Gunakan pelindung pada screen laptop.

Anda yang bekerja didepan leptop biasanya lebih rawan untuk mengalami mata minus. Untuk itu gunakan sreen guard demi kesehatan mata Anda.

5. Kurangi tingkat  kecerahan komputer atau laptop.

Agar merasa lebih nyaman saat memakai leptop/komputer, pilihlah tingkat kecerahan yang paling rendah agar tidak merusak mata. Cara ini dinilai ampuh dalam mengatasi mata minus.

6. Lepas kacamata jika tidak diperlukan.

Memakai kacamata karena mata minus sebaiknya dipakai untuk melakukan hal-hal yang penting seperti membaca, berkendara dan kegiatan penting lainnya. Jangan terlalu mengandalkan kacamata jika tidak terlalu penting. Ketergantungan memakai kacamata hanya akan menambah jumlah minus.

7. Alihkan pandangan dengan mengganti objek yang lebih jauh.

Ini bisa dilakukan oleh orang-orang yang bekerja didepan komputer. Sesekali laungkan waktu sebentar untuk memandang objek sekitar seperti tembok atau pepohonan. Dengan begini maka akan membantu meregangkan otot-otot mata yang kaku karena terlalu lama menatap layar.

8. Gunakan daun sirih.

Daun sirih memang dikenal efektif untuk mengobati segala gangguan mata, salah satunya adalah mata minus. Cara melalukannya pun sangat mudah, yaitu

  • Ambil 2 lembar daun sirih.
  • Cuci hingga bersih dan biarkan setengah kering.
  • Lalu tempelkan pada kedua kelopak mata setiap akan tidur dan biarkan semalaman.
  • Kemudian, pagi harinya lepas daun sirih dan basuh wajah dengan bersih.

9. Melakukan senam mata.

Senam mata memang sangat mudah untuk dilakukan. Anda juga dapat melakukan ini dimana saja dan kapan saja. Caranya adalah,

  • Pandangan lurus kedepan.
  • Pertahankan pandangan dan gerakkan keatarah atas selama 10 detik.
  • Kemudian balikkan ke posisi tengah.
  • Lalu turunkan pandangan kearah bawah selama 10 detik. Lakukan juga kearah kanan dan kiri dengan jangka waktu yang sama yaitu 10 detik.
  • Kemudian lakukan gerakan searah jarum jam. Lakukan lagi berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Setelah itu lakukan gerakan memejamkan mata, kemudian buka. Cara ini akan membantu meregangkan otot mata yang tegang.

10. Melakukan teknik “eye palming”.

Selain senam mata, Anda juga dapat melakukan teknik eye palming yang bisa dilakukan dimana saja. Caranya adalah sebagai berikut,

  • Gosokkan kedua telapak tangan Anda hingga terasa hangat.
  • Kemudian gunakan telapak tangan untuk menutupi kedua kelopak mata. Tapi jangan ditekan.
  • Diamkan selama 10 – 15 detik atau sampai mata terasa rileks.
  • Lakukan ini setiap mata terasa lelah.

11. Mengompres mata dengan air hangat.

Rutin mengompres mata diyakini dapat mengurangi mata minus. Caranya adalah,

  • Siapkan air hangat kedalam baskom.
  • Sediakan handuk bersih dan masukkan handuk kedalam baskom tersebut.
  • Kompres pada kelopak mata sambil berbaring.Ulangi beberapa kali agar mata terasa lebih rileks.

12. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Agar mata terlihat lebih jernih dan tidak mudah kering, maka perbanyak konsumsi sayuran dan buah. Karna nutrsi dari dalam juga sangat penting.

13. Manfaatkan bawang putih untuk membantu mengurangi mata minus.

Bawang putih memiliki kandungan vitamin C, quercetin dan selenium yang ampuh mengatasi mata lelah karena minus. Anda bisa langsung mengonsumsi bawang putih yang telah dikupas atau gunakan pada campuran sayur sebagai bumbu alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *